Kamis, 15 Mei 2008

ORANG-ORANG SUKSES




ANDA TIDAK MUNGKIN MEMAKSA DIRI


UNTUK SUKA MAKAN BROCOLLI




Pekerjaan tertentu menuntut kepribadian yang lain daripada yang lain. Tidak ada gunanya mengejar pekerjaan dalam bidang komunikasi kalau Anda bukan orang yang ekstrovert, yang senang berinteraksi dengan sesama. Kalau jiwa Anda meledak dengan kreativitas yang meletup-letup, kecil kemungkinannya Anda puas dengan pekerjaan dalam bidang akuntansi.


Kepribadian itu adalah seperti ukuran sepatu. Kepribadian itu tidak tergantung pada pilihan atau preferensi kita, tetapi sesekali bisa juga dipaksanakan ---- dengan ganjaran-ganjaran yang tidak menyenangkan. Bukanlah suatu prestasi ataupun kesalahan, mengakui bahwa ada orang yang dapat berbicara di hadapan banyak orang dengan penuh semangat, sementara yang lain ketakutan. Ada orang yang dapat mempelajari suatu persamaan selama bertahun-tahun dan terpesona olehnya, sementara yang lain merindukan interaksi manusia dan keragaman.


Sadarilah siapa Anda ---- bagaimana kepribadian Anda yang sesungguhnya - dan pilihlah masa depan yang cocok dengan itu.


Tiada hari berlalu tanpa setidaknya satu orang kliennya tidak mau lagi bekerja dengannya. Sesungguhnya, terkadang mereka malah meludahinya. Tetapi jurufoto Jean Deer sungguh mencintai pekerjaannya.


Ia telah mengambil foto ratusan anak-anak, dan ia sangat menguasai cara-cara untuk membuat bayi tersenyum. Jean adalah seorang ahli dalam membuat mimik serta mengeluarkan suara lucu.


"Seusainya, semua orang --- saya, oangtuanya, dan anak-anaknya --- kelelahan, tetapi biasanya itu merupakan pertanda baik."


Jean menemukan bahwa membuat bayi tersenyum itu bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan foto yang baik dan bahwa bayi yang merengutpun bisa menjadi sumber inspirasi. "Suatu kali, saya sedang mengambil foto bayi yang satu ini, yang benar-benar tidak suka kepada saya. Ia tidak mau menengadahkan wajahnya, terus saja menunduk". Jean pun duduk di lantai bersama sang bayi, mengambil foto dari sudut-sudut yang belum pernah digunakannya, dan malah mendapatkan salah satu foto terbaik yang pernah diambilnya.


Pekerjaannnya menuntut dua ciri utama, demikian diyakini oleh Jean. "Tidak semua orang bisa menyebut dirinya jurufoto. Semuanya adalah soal bersikap sabar dan enerjik lalu menangkap momen yang tepat."




**************




Bahkan setelah mengalami tahapan yang berbeda-beda dalam kehidupannya, termasuk perubahan dalam karir dan keluargapun, kepribadian dasar

Tidak ada komentar: